PROSEDUR BALIK NOMER bag 1

03.12.00

SEBELUMNYA SAYA MAU KATAKAN, PROCEDURE NGURUS APAPUN DI INDONESIA TIDAK ADA YANG MUDAH, RIBET DAN BIKIN EMOSI TENTU SAJA. TAPI KALAU ANDA TIDAK SETUJU DENGAN KORUPSI MAKA JANGAN HAL KECIL YANG BISA ANDA LAKUKAN ADALAH TIDAK MENGUNAKAN CALO….ayo urus sendiri..jadilah warga negara yang baik….


Setiap tahun anda harus bayar pajak kendaraan anda, itu mudah untuk beberapa kota besar, karena kepolisian sudah buat langkah cukup keren dengan adanya samsat conner disebuah mall. Believe me ngurus di mall tentu lebih menyenangkan dari pada ngurus di kantor polisi langsung, hawanya pasti bisa.
Ehm tapi itu hanya berlaku untuk yang 1 tahun sekali, untuk yang periode 5 tahun sekali, dimana ada pergantian STNK atau anda bisa balik nama sekalian, anda harus datang ke kantor samsat langsung.
Kalau dimalang terletak didaerah sukun, deket terminal kacuk, kalau dari arah malang sebelah kanan…. Aye akan langsung kasih tahu syarat yang anda harus bawa kalau mau balik nomer aka ganti STNK 5 tahun sekali, karena saya hanya GAnti STNK tanpa balik nama jadi bahasan ini hanya spesifik di lingk itu.


*SYARAT YANG WAJIB DIBAWA*
1. STNK asli
2. BPKB asli
3. KTP asli yang harus sama dengan di STNK n BPKB
4. fotocoy no 1-3 sebayak 4 kali
5. tisu
6. pulpen
7. dan berjuta – juta lapis kesabaran.

*TIPS N TRIK*
1. fotocopy nya mending yang didepan samsat aje, soalnya embak or masnya udah apal berapa yang harus di foto copy, kita tinggal nyebutin aje mau buat apa, balik nama, perpanjang STNK dkk.
2. bawalah tisu, karena ini yang tidak ada disyarat secara resmi tapi selalu diminta sama petugas cek fisik. Beberapa kendaraan, nomernya berada dekat oli, jadi harus dibersihkan dengan tisu, beberapa kendaraan lain ada didalam deket plat nomer yang setelah dibuka full debu.
3. ajaklah seorang pria atau anda harus tahu dimana letak nomer kendaraan anda saat cek fisik, karena petugas cek fisik yang “baik” itu enggak mau bongkar kendaraan kita untuk liat nomer kendaraan yang biasanya ada didalam. Untuk jenis sepeda supra, nomernya ada didepan kita harus bongkar plat nomer dengan obeng dkk.
4.datanglah sepagi mungkin, bukanya emang jam 8-12.30.

*PROCEDURE*
1. belilah formulir untuk cek fisik, harga 10rb untuk balik nomer saja atau 15rb yang plus balik nama.
2. lalu antrilah dengan sekalian bawa kendaraan anda untuk di cek fisik.
3.seperti yang saya tulis di atas, tehnisi sana hanya mau kendaraan yang udah dibongkar,jadi mereka langsung gesek nomer kagak perlu bongkar2.
4.kalau udah di cek fisik, isi kertas cek fisik yang udah kita beli 10rb tadi dengan data pemilik dan data kendaraan
5. saya kemarin dating jam 11, aye kira sampe sore. Teryata hanya sampai jam 12.30 jadilah aye hanya sempet cek fisik aje. Ntar diteruskan procedurenya besok yak

*KELUHAN - KELUHAN*
1. pertama tentu saja, kurang jelasnya procedur ini, emang ada tulisannya kalau kita mau sedikit cari, tapi kurang jelas, di petunjuk cuman gini cek fisik-beli formulir dkk. Asline, kita harus beli kertas buat cek fisik dulu baru antri untuk cek fisik.kebanyakan orang akhirnya udah antri cek fisik tanpa tahu kalau harus beli kertas yang buat cek fisik itu.
2.tentu saja tehnisi cek fisik, hey itu nggak ditulis di procedure kalau kita harus bongkar kendaraan. Dan keknya tugas mereka sebagai petugas cek fisik untuk bongkar kendaraan dan mengembalikannya. Bayangkan aje udah antri lama, saat udah didepan petugasnya bilang balik besok aje, karena dia nggak mau cek fisik.GILA BANGET NGGAK SIH.
3.procedure yang berbulet ria. Jangan percaya dengan petunjuk yang tertulis klo procedure semua itu hanya butuh waktu 60 menit. Aye ngabisin 3 jam lebih cuman dapet cek fisik

*PENGALAMAN PRIBADI*
1.saya dating kesiangan jam 11, jadi hanya sempet cek fisik.
2.mungkin karena sama-sama susah, jadi kebersamaan orang-orang yang sama-sama cek fisik jadi terbangun, saling bantu terbantu.
3.paha aye benjol karena pas antri disebelah kiri ada lubang dan kaki aye sempet terperosok, kagak sakit, tapi malu iye.
*BIAYA-BIAYA*
1. untuk sementara karena hanya sampai cek fisik, 1. Biaya parkir 2 kali, karena nggak tahu klo cek fisik harus bawa kendaraannya ngantri nggak usah parkir, poor me.
2. beli formulir atau kertas buat cek fisik, 10.000
3.beli map 2000
Total 14.000.

gambar ane ambil dari sini  

You Might Also Like

0 fans bilang

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe