buka puasa.....buka puasa versi saya

11.53.00




Kalau membaca tulisan beberapa teman yang tinggal di kawasan Negara arab dan mendengar cerita beberapa ustadz.
Ane jadi iri sekali dengan suasana ramadhan disana
Saya tidak bilang di daerah arab sana orangnya baik semua liat postingan saya yang ini

Tapi emang nuansa indah ramadhan disana tak terkira indahnya
Bagaimana dengan di Indonesia..
Ehm budaya buka berdesak-desakan di mall atau tempat makan memang masih ada….jujur ini aneh….
Sangat aneh
Entahlah menurut saya aneh saja
Alasannya jelas
Makan disana pasti antri (melihat pengalaman saya beberapa tahun  yang lalu)
Duh bayangkan saja perut lapar, harus antri, sholat pasti juga nggak nyaman walau ada mushola tapi kan tetap saja sholat super nggak nyaman karena antri
Jadi kenapa nggak buka di masjid saja
Atau dirumah
Tahun ini hampir 95 persen saya buka dirumah
Hanya 2 kali buka dirumah teman
1 kali buka di masjid
Saya insha Allah ramadhan kali ini tidak akan buka diluar rumah selain masjid.<rumah teman termasuk rumah juga kan>
Apa enaknya buka dirumah atau di masjid.
Tentu saja sholat magrib lebih nyaman, makan atau takjil nggak perlu berdesakan. Sholat magrib juga bisa nyaman dan lega. Dan bisa tepat waktu.
Hemat biaya nggak juga sih, karena memberi makan orang berpuasa lebih berharga….mungkin uang yang anda keluarkan lebih besar dari pada buka di resto termahal di kota anda (nb anda memberikan makan orang berpuasa 100 orang dimasjid misalnya)
Ada yang lebih aneh lagi
Ada beberapa orang yang mengundang buka bareng, namanya mengundang tentu saja kita datang, makan pulang bungkus…ehhee
Tapi entah budaya dari mana
Undangan buka puasa disertai urunan…
Agak aneh menurut saya…kenapa harus urunan…
Memberi makan orang berpuasa kan pahalanya sama seperti orang yang berpuasa itu
Kalau urunan eh,,,mnnn pokoknya aneh
Tahun lalu saya hampir 80persen buka di masjid
Tahun ini lebih banyak dirumah, alasannya lebih baik tidak saya utarakan…ehhehe
Ritual buka puasa aye
1. Satu gelas besar es blewah beneran setiap buka aye esnya es blewah
2. Nasi yang kadang masak sendiri atau beli
3. No takjil atau jarang-jarang
Habisnya ane mesti kelaparan gt
Setelah itu baru sholat magrib dirumah ane makannya cepet 
 Lanjud teraweh dan

sepulang teraweh makan lagi

You Might Also Like

0 fans bilang

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe