MACAM2 KAJIAN

21.49.00



KAJIAN - KAJIAN 


Warna – warna dunia islam. Ehm nggak tahu deh judulnya nyambung ma isinya kagak????. Cuman lagi pengen ngepos ajah, itung – itung pemanasan ngisi blog ini (ayo emak, jangan nulis karena duit sajah….).
Okeh sadar atau tidak, dunia islam itu ada warnanya, emang sih kita tunduk pada al quran dan sunah, tapi dengan cara paham yang berbeda – beda pula. Ini di akibatkan tidak adanya satu pemimpin umat, kek jaman rosululloh dulu.
Jelaslah perbedaan ada mulai dari yang ringan sampai yang agak beratan, mulai dari jumlah rokaat tarawih sampai jadwal sholat ied idul fitri (idul adha kagakkkkk).  Perbedaan hari raya idul fitri ini, lumayan “keren”, kenapa keren, karena sekeluarga bisa beda2 hari rayanya. (contohnya keluarga saia, jelas jeng dhyta imout ini pilih yang duluan…hehehe), contoh lainnya tahun ini, yang katanya senin ma minggu jadi cuman minggu ajah, kasian yang pulangnya mepet plus udah punya tiket (klo kereta api isa diganti “ASAL MASIH ADA TEMPAT”).
Well warna – warni dalam dunia islam yang aku sebutkan tadi biasanya adalah tempat ngaji, sehingga mempengaruhi pola pikir mengenai al quran dan sunah, jenis dan jumlahnya buanyak banget, mulai dari yang biasa – biasa ajah sampai yang di cap sesaat eh salah sesat….!!!!. hanya yang aku tahu ae yachh yang disebutkan. Paling tidak beberapa ini yang bersinggungan. Ini bukan menyalahkan, mencari kebenaran atau apalah…. Hanya sedikit berbagi info ajah salah curhat colongan
1.    HIZBUT THAHIR: Ciri – cirinya pokoknya kalau kalian denger kata atau baca kata  “KHILAFAH“…disemboyaan atau apalah, pokoknya yang tergabung dengan kajian ini, intinya ingin   mendirikan negara khilafah,,(semacam itulah), tujuan yang mulia menurut aku, bayangin ajah klo ada khilafah yang memimpin kita, kita bisa ngerasain indahnya hidup didunia yang sebenarnya * kek jaman rosululloh dan para sahabat dulu. Ciri – ciri orang yang tergabung dalam kajian ini adalah kalau akhwatnya (tahukan arti akhwat aka ceweknya), memakai jubah aneka warna dan jilbabnya sepundak sahaja. Klo ikhwannya ..mohon maaf karena saia akhwat baik – baik, jadi sok nggak ngelirik ikhwan. Kajian ini ada dibanyak negara.
2.    NU  atau nahdatul ulama : sepertinya ini tempat ngaji yang popular di Indonesia, diikuti banyak orang Indonesia (penelitian pribadi). Dan hanya ada di Indonesia, keknya dinegara lain kagak ada nichh. ciri – ciri yang ikut kajian ini suka banget istigosahan…baik seminggu sekali atau sebulan sekali…pokoknya rutin mak! Ciri lainnya, sholat tarawih 23 rokaat (ehm) dengan bacaan pendek dan cepat (khas 1 tarikan nafas bagas adekku). Klo sholat ied pasti dimasjid (padahal bla…bla,…bla). Sangat menghormati berlebihan sama ustadznya (cium tanggan, berebut sandal dan patuh taklik). Ciri – ciri pemakainya klo yang akhwat jilbab pendek dan pakai celana. Tapi bagaimanapun juga NU adalah bibit awal penyebaran islam dari walisongo, jadi pantas ada dihati masyarakat islam. Satu lagi lupa, bingung membedakan antara budaya islam dengan budaya hindu budha masa lampau (you know  I mean)
3.    MUHAMADIYAH : kadang aku si princess dhyta aka calon emak2 melek IT. Berfikir kalau muhamadiyah itu bagai Kristen protestan sedang NU adalah katoliknya. Maksudnya adalah muhamadiyah itu identik dengan perubahan, jiwa muda, dan tidak terikat dotrin masa lalu.  Muhamadiyah adalah gerakan islam yang bener – bener besar, buktinya mereka punya playgroub sampai universitas. Dari puskesmas sampai rumah sakit. Masjid – masjid besar pasti banyak (tapi bukan masjid jami yang biasanya basis NU). bisa dibilang tidak ada percampuran antara islam dengan hindu budha.  Ciri akhwatnya keknya mirip dengan akhwat NU deh. Tapi sekarang suda mulai luntur,  jangan Tanya gimana sekarang ikhwan akhwat seumuran saia. …lebih baik nggak usah cerita deh, soalnya ikhwan akhwat muhamadiyah yang saia kenal …ehmm…. NO COMENT >> karena dulu saia pans berat amin rais…!!!
4.    TARBIYAH : tahu partai keadilan sejahtera..peraih suara pemilu ke 4 ituh. Nah kajiannya bisa disebut ini…..kajiannya agak beda dengan yang lain beda disini maksudnya bukan nyeleneh bin aneh…tapi selain kajian rutin di masjid2 yang dihadiri banyak orang (seperti yang lainya). Ada kajian mingguan, jadi ente dengan beberapa anak dibimbing 1 guru yang disebut murobbi. Kita dengan kelompok kecil maksimal 8 orang ini setiap minggu sekali kajian bersama. Biasanya diisi dengan kajian materi, murojaah, dan setor hapalan (okeh dhyta)….enaknya…kita bisa punya teman sejati dan kita jadi “TERKONTROL” jarang ada keganjenan baru ngaji. Dan jadi mudah hapalan, karena tersistem dengan baik..pokok’e maknyoss.(promosi dikitlah). Ciri khas akhwatnya adalah pakai rok, baju lumayan panjang dan jilbab lumayan panjang juga…dan biasanya dengan aneka warna. Kajian ini sekarang semakin mewarnai, merambah setiap system negeri ini. Sekarang kajian yang disebut liqo ini merambat dari sd sampai menteri.. beneran sekarang ada kajian menteri berkat ada 3 orang menteri asal pks. Beneran seneng denger bapak ibu menteri kita mulai ngaji beneran. Walau ada yang semangat dan hanya ikut – ikutan saja. Kajian yang awalnya membidik mahasiswa atau gerenerasi muda ini (sekarang liqo emak2 juga ada), sekarang hampir ada disetiap universitas (jangan Tanya stiki ….* miris). Keknya ini pengantinya muhamadiyah, banyak lemparan ikhwan – akhwat dari sana.
5.     SALAFY : orang – orang yang mengakui diri mereka mengikuti kaum salaf. Ciri khasnya akhwatnya bercadar. Eh tapi kagak juga sekarang banyak yang ngaku2 ikut ini walau dia masih “belum bercadar”, okeh yang mengaku ngaji salaf tapi belum bercadar bisa kita sebut baru ngaji saja. Karena kalau bener sudah expert mengikuti kajian ini jelas mereka wajib bercadar. Karena di pemahaman salaf cadar is wajib. Didalam sini banyak banget jenisnya (ada salafi A, B mpek auk achh). Aku sendiri suka baca buku salaf, ilmu tentang syariat bisa dipegang disini, mulai dari tuntunan sholat yang benar (kagak kecampur hindu budha), tauhid dan lainnya. sayangnya ehm yang baru2 ngaji disini, wedeh sumpah sikap2 mereka bikin emak2 melek IT ini pengen makan lebih banyak karena stress. Paling sok bener, gampang membid’ah orang lain, suka cari kekurangan orang lain, kalau dinasehati duh minta ampun marahnya (marah, bukan ngomel loch), kata – katanya  sok – sokan. Tapi nggak imbang sama perbuatanya sendiri, yang sering keganjenan sama lawan jenis (mendekati kegatelan), banyak yang masih pacaran (walau dengan dalih macem2). Kakunya minta ampun deh.  Kenapa saia bisa bicara begitu,..karena ini fakta dan saia punya buktinya.
a.   ada ikhwan yang ngomongnya kasar banget…sampai kek orang gunung saja, kagak pernah skulah dan ngaji.. padahal dia sudah terkenal orang yang cukup berilmu >> bukti adah
b.   keganjenan yang dimaksud adalah ganjen banget dehh….baik saat rapat atau difb mereka bisa dilihat >> saia sering lihat soalnya……statusnya lebih alay dari pada abg alay. Ada yang bilang sekarang akhwat2 sekarang kegaulan…tapi dia taarufan dif b….haiaiayyayaa
c.    proses taarufannya jalan2 sendiri…apaan tuchh…tapi masih sok bener…..bilang aje pacaran nambah dosa mas, mbak >> sensi bener si dhyta.
d.   Banyak omong tapi aksi bantet.alias kagak ada….!!!! Jah beneran dehh.
e.   Modifikasi pacaran islami….wess dll deh.
Kenapa saia ngemeng bengini….karena inilah kenyataan yang saia alami sendiri,..mungkin tidak semua hanya apesnya saia saja kedapetan yang kek gini
Okeh masih banyak si sebenarnya macam2nya…tapi cukup sekian yee…ini ajah udah puanjang bangett…. Ini bukan membandingkan mana yang bener mana yang salah. Capek kalau cari kesalahan orang terus…. Saia mah bersikap cool asal masih islam ngapain repot – repot bingung yee… mau NU, MUHAMADIYAH, SALAF ATAU TARBIYAH…semuanya masih saudara sesama muslim..kagak boleh dibeda – bedakan. Atau dikotak – kotakan.
Kita memilih mana yang menurut kita paling benar bukan…tapi bukan berarti yang lain salah, karena benar dan salah adalah milik ALLOH……lebih baik terus belajar dan belajar
ANY WAY....SEMUA NGGAK ADA YANG SALAH KOK....MAU NU, MAU MUHAMADIYAH, MAU SALAFI, MAU TARBIYAH...SAMA - SAMA MENYEMBAH ALLOH KAN......BERSATU UNTUK MENJADI LEBIH BAIK BUKAN.... 


Salam hangat
dhyta

You Might Also Like

1 fans bilang

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe